DI ANTARA ASAP ROKOK

cigarette_smoke

Assalamualaikum…:) Good Morning…:)

Sedikit Rileks ya…setelah semalam suntuk saya menemani dewi-ku yang terkapar sakit…melihatnya meringkung kedinginan dalam selimut tebalnya..dalam demam yg hampir membuatnya tak sadarkan diri…40oC cukup membuat dewiku lemah tak berdaya…disela isak tangisnya lemah memanggil seseorang yg seseorang itupun pasti tdk mendengarnya 😦

tapi sudahlah…dewi-ku masih bisa bertahan…Alhamdulilah 🙂 hari ini saya ingin berbincang dengan para sahabat tentang “si kecil panjang yang bikin mabuk kepayang ” 🙂

baru-baru ini Majlis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang berjumlah 24 fatwa, namun yang kemudian menjadi perbincangan bahkan menjadi perdebatan ditengah masyarakat adalah fatwa tentang rokok dan golput, entah mungkin hal ini lebih menarik dan banyak kepentingan yang bermain disini.

yang paling menarik bagi saya adalah permasalahan rokok, ada 3 poin yang diputuskan MUI yang mengadakan musyawarah pada akhir januari 2009 di padang, sumatera barat. yang isinya antara lain adalah:

merokok haram jika dilakukan di tempat umum
merokok haram bagi anak-anak
merokok haram bagi ibu hamil

pada musyawarah tersebut, ada 2 kelompok peserta (para ulama) yang memiliki pandangan berbeda mengenai rokok secara umum, kelompok pertama menyatakan bahwa rokok haram hukumnya, sedang kelompok kedua menyatakan rokok makruh yang cenderung haram hukumnya.

nah….bagimana menurut anda semua sahabat ?

🙂

14 Comments

  1. achoey said,

    February 6, 2009 at 3:14 am

    saya pribadi saat ini tidak merokok
    ayah saya pecandu rokok

    tapi coba kita pikirkan secara jeli
    bukankah rokok itu banyak keburukannya

    (PA : wah kok sama..saya juga tidak merokok tapi ayah saya jagoan rokok..susah ngomongin ayah..padahal sering batuk tapi ga mempan juga 🙂 )

  2. Laki-laki Biasa said,

    February 6, 2009 at 3:18 am

    Saya.. alhamdulillah ngga merokok.
    Saya pikir dan saya melihatnya, merokok itu lebih banyak keburukannya daripada kebaikannya.

    (PA : Alhamdulilah…saya juga 😉 )

  3. INDAHREPHI said,

    February 6, 2009 at 4:11 am

    fatwanya wagu.. ga jelas, dan ga masuk akal :mrgreen:
    jadi, boleh ngerokok dong kalo di dalem WC, kamar, rumah, ruangan?
    jadi boleh dong ngerokok kalo udah gede?
    jadi, boleh dong ngerokok kl ga/blm hamil?
    fatwa yang ga bs masuk diakal…kecuali ya.. fatwa nya tuh begini “merokok itu haram, karena merugikan kesehatan *utk semua orang, tnp batasan umur&gender* “. kalo gitu naru aku setuju :mrgreen:

    (PA : ya..memang ada dua kelompok yang mempunyai pandangan berbeda, yg satu mengatakan jelas haram dan yg satu mengatakan makruh..makannya MUI juga harus tegas dalam hal ini suapaya masyarakat tidak bingung 🙂

  4. kucingkeren said,

    February 6, 2009 at 6:41 am

    saya jg gak merokok..dan sy tahu kenapa rokok sebaiknya dijauhi. Tapi yg bikin sy bingung kok diharamkan? yg sy tahu haram atau halal hanya ada di kitab suci.. bukannya hukum itu berlaku untuk umatnya di dunia. trusssss gmn tuh mensosialisasikannya ke umat Islam di belahan dunia lain? hiii secara mereka aja masih terbelah..

    (PA : ya itulah yg sedang menjadi pembahasan..mengapa dan kenapa yang harus di jawab oleh MUI 🙂 )

  5. Nadiah Alwi said,

    February 6, 2009 at 7:10 am

    Saya setuju dengan ketiganya. Tanpa dibuatkan fatwa haram oleh MUI pun semestinya itu gak dilakukan kan? 🙂

    (PA : ya sebaiknya di hindari jika paru2 kita mau bersih 🙂 )

  6. Laki-laki Biasa said,

    February 6, 2009 at 7:15 am

    Btw.. image-nya bagus Mas, dapet darimana? ngelukis sendiri yah? 😉

    (PA : dapet nemu tadi mas…pas lagi jalan-jalan di picoodle 🙂 )

  7. fajarseraya said,

    February 6, 2009 at 8:47 am

    untung saya bukan perokok….

  8. February 7, 2009 at 12:29 pm

    aduh……….gimana yach. rokok dan merokok itu sensi banget sih.
    kalau blue emang saat ini kagak merokok tapi mana blue tahu kan keesokannya. jadi soal haram atau tidak terserah aza yang mau dach.
    bukan berarti blue mengharuskan merokok atau melarang merokok kalau blue berkata demikian. jadi………………mau mau mau? pengin pengin pengin?
    salam hangat selalu

  9. ernalilis said,

    February 8, 2009 at 8:05 am

    No smoking.. No smoking…!
    Everyone.. everywhere.. everytime…!

    (PA : Pagi jeng na…:) )

  10. cantigi™ said,

    February 9, 2009 at 2:52 am

    kebijakannya sendiri masih kontroversial, saya merasa ada konspirasi politik dan bisnis yg campur aduk. konsistensinyapun berubah ubah. tapi saya mengerti hal itu merusak kesehatan.. ^_^

    (PA : Ya mdh2an ada jalan keluar yg baik bwt smua 🙂 )

  11. ILYAS ASIA said,

    February 9, 2009 at 3:34 am

    saya pikir para bloger sangat bijak dengan tembakau

    (PA : Pastinya boss : ) )

  12. Didien® said,

    February 11, 2009 at 7:10 am

    mampir saja… 😉 salam kenal juga.. 😀

    member list udh ada di Blogsite IBSN, silahkan crosscheck.

    (PA : Salam kenal kmbali mas 🙂 thks ya saya akan segera meluncur ke IBSN)

  13. bedh said,

    February 11, 2009 at 7:15 pm

    40 dejat keknya demamnya tinggi banget yah..
    ksian,kalo dah bgitu jangan merokok disana mas kasian.

    saya sendiri adalah seorang perokok, saya tau merokok itu tidak baik dan golput itu juga tidak baik. tapi kalo kmudian hal itu malah dijadikan haram kok yah kek yang lagi becanda tapi nggak lucu
    huhuhuhuhu

    (PA : Tks kunjunganya bos,kbtulan sy tdk merokok dan ttg fatwa itu memang sdng dibhs brsama2 🙂 )

  14. chiquitte said,

    February 26, 2009 at 10:02 am

    pengumuman buat semuanya rokok itu penghantar kematian manusia…


Leave a comment